Kamis, Juli 02, 2009

Katawa Shoujo

Sebuah VN berbahasa Inggris (atau disebut juga Original english language visual novel -OELVN) yang dibuat oleh sekumpulan para pengunjung 4Chan yang menamai diri mereka Four Leaf Studio. Game berjudul Katawa Shoujo (Disability Girls) ini berawal dari bonus doujin Schuppen Harnische buatan Raita yang menceritakan tentang lima gadis dengan kepribadian seadanya dalam sketsa kasar.
Dalam Katawa Shoujo kita bergerak sebagai Hisao Nakai, seorang siswa SMA yang menderita Arrythmia, dimana ia memiliki kelainan pada jantung yang menyebab ketidakstabilan denyut jantung, pingsan, bahkan kematian kalau terkena gangguan-gangguan tertentu.
Kemudian ia dipindahkan ke Yamaku Academy, sebuah sekolah berasrama bagi orang-orang yang memiliki kelainan pada diri mereka dan tidak mungkin untuk belajar di tempat yang normal.
Berbeda dari galge freeware lain, Katawa Shoujo menyuguhkan sebuah galge yang benar-benar berbeda dan ngga menunjukan bahwa itu adalah galge freeware. Apalagi artwork yang layaknya profesional. Tapi sayangnya game ini punya sedikit... Ecchi? Atau adegan H ya? Ngga tau lah GJ tapi ada option mematikan adegan tersebut.
Kelemahan lainnya dari game ini adalah: NO VOICE ACT alias CV alias Seiyuu. Jadi selain musiknya (yang memang bagus) tapi game ini jadi terasa sepi. Tapi menurut yang lainnya sih lebih baik ngga usah soalnya masa VN berbahasa Inggris tapi voice-nya Jepang. Apalagi pas aku denger April's Fools dan mereka ngasih voice sample Katawa Shoujo. Selain berbahasa Inggris mereka juga pake Voice Synster (bener ga sih ngejanya). Jadi ewww... It's better to not use voice character.
Masing-masing karakter memiliki kekurangan sendiri yang menyebabkan mereka dipindahkan ke Yamaku Academy. Yaitu Hisao Nakai (yang udah diceritakan di atas), Emi Ibarazaki (atlet sekolah yang menggunakan kaki buatan dari lutut sampai kaki), Hanako Ikezawa (malu kalau dilihat orang karena mata kanannya... Err...), Lily Satou (mengalami kebutaan sejak lahir), Rin Tezuka (tidak memiliki tangan dan makan pake kaki. Hahah), Shizune Hakamichi (ketua kelas 3-4 yang tidak bisa bicara dan mendengar), Shiina "Misha" Mikado (Gendut? Tapi yang jelas dialah mulut dan telinga Shizune yang jago bahasa isyarat).
Oh, dan something interesting dalam sebuah CG dimana kita bisa menemukan 4 karakter (figuran) yang merupakan parodi dari anime/vn lain.
http://katawa-shoujo.com/res/logo.png

2 komentar:

Asukawati mengatakan...

baru baca di forum soal ini VN, entah kenapa langsung merinding. Ini VN emang beda dari yang lain tapi ngeri juga bacanya ~__~;;;

kiennakinna mengatakan...

ini game buat apa ? ps2 bukan ?hehe