Sabtu, Desember 06, 2008

5 Centimeters Per Second

Byousoku 5cm (5 Centimeters Per Second) adalah anime garapan Makoto Shinkai yang selesai pada 22 Januari 2007. Bagian pertama film ini distreaming di Yahoo! Jepang untuk Premium Members dari 16 Februari hingga 19 Januari 2007. Pada 3 Maret 2007, film ini secara penuh (3 chapter penuh) disiarkan di bioskop di Cinema Rise di Shibuya, Tokyo. 3 Chapter ini adalah Ōkashō (桜花抄), Cosmonaut (コスモナウト), dan Byōsoku 5 Senchimētoru (秒速5センチメートル). DVD nya telah dirilis pada 19 Juli 2007.

Berkisah tentang Takaki Tono dan Akari Shinohara yang bertemu di SD. Karena menyukai banyak hal yang sama, mereka pun jadi akrab. Semakin dekat, dan akhirnya saling menyukai. Namun setelah masuk ke SMP, keduanya harus berpisah. Orang tua Takaki dimutasi ke Tokyo sedangkan orang tua Akari dimutasi ke Tochigi. Namun mereka masih terus berkomunikasi lewat surat.
Setelah beberapa laam Takaki akan pindah ke Kogashima kembali. Ia ingin bertemu dengan Akari karena mereka akan terpisah lebih jauh lagi. Namun, hari ketika mereka akan bertemu, sebuah badai menyerang dan membuat perjalanan Takaki tertunda. Dan di Kogashima, Akankah Akari tetap menunggunya?

Yang paling kusuka adalah background artnya yang bagus banget! Beda dari anime-anime lainnya. Takumi Tanji dan Ryoko Majima yang membuat backgroundnya pantas di acungi jempol. Sementara lagu endingnya, "One More Time, One More Chance" yang dinyanyikan oleh Masayoshi Yamazaki juga terasa menyentuh. Oh, ya, satu lagi. 5 sentimeter perdetik adalah kecepatan jatuhnya kelopak bunga Sakura yang melambangkan pertemuan manusia dan perpisahan kembali.
Official Website

Tidak ada komentar: