Minggu, Februari 17, 2008

I and YOU in Japanese

Aku dapet ini dari Tadotsu Gakuen, tempat belajar bahasa Jepang (yang notabene berbahasa Indonesia). Nah, disini aku baru ngerti soal perbedaan ore/atashi dan anata/omae.

==I==

1. Watashi (saya/aku)
Adalah bentuk formal yang paling umum dan sering digunakan. bentuk ini aman dipakai kapanpun, dalam situasi apapun, oleh siapapun kepada siapapun.
Bentuk jamak: watashitachi : kami/kita

2. Watakushi (saya)
Adalah bentuk yang sangat formal dari watashi. digunakan pada event2 resmi, oleh orang tua, oleh seseorang ketika berbicara ke orang yang kedudukan jauuuuh lebih tinggi ^^ dsb.
Bentuk jamak: watakushitachi : kami/kita


3. Atashi (saya/aku)
Hanya dipakai oleh cewek. karena kata ini berkesan feminim. kata ATASHI yang dipakai oleh cowok, dalam bahasa indonesia kurang lebih sama dengan kata: IKKE, eik XD.
Bentuk jamak: atashitachi : kami/kita

4. Boku (saya/aku)
Umumnya lebih banyak dipakai cowok, walaupun cewek ada juga yang menggunakan kata ini (kesannya jadi tomboy) dipakai ketika menyebut diri kita ke teman sebaya, atau orang yang derajatnya sama / lebih rendah dari kita.
Bentuk jamak: bokutachi / bokura : kami/kita

5. Ore (aku/gua)
Bentuk kasar dari watashi, sehingga sering ditulis menggunakan katakana
 オレ. lebih sering dipakai oleh cowok ke teman2nya.
Bentuk jamak: oretachi / orera : kami/kita

6. Washi (saya)
Bentuk lama dari watashi, kebanyakan dipakai oleh orang2 tua saja.

7. Ware (saya)
Bentuk agak lama dari watashi.
Bentuk jamak: wareware
われわれ : kami/kita

==YOU==

1. Anata (kamu)
walaupun untuk beberap kondisi dapat diartikan "anda", tapi tetap tidak disarankan menggunakan kata ANATA untuk orang yang belum dikenal dan orang yang belum akrab dengan kita. pakailah NAMA ORANG +
san, untuk menggantikan kata ANATA.

2. Kimi (kamu)
Kanji KIMI sama dengan kanji kun, sehingga mempunyai kesan akrab / intim.

3. Omae (kamu/elu)
Bentuk kasar yang berarti kamu / elu, walaupun kasar tapi bentuk ini biasa juga digunakan di kalangan cowok, bahkan kakak cowok sering juga manggil adik ceweknya dengan OMAE.


Dapet dari Tadotsu Gakuen

Tidak ada komentar: